PENDIDIKAN KETARUNAAN




SMK Nasional Malang sebagai salah satu pelopor dalam dunia pendidikan di kota Malang selalu membuat inovasi dan terobosan baru dalam menghadapai tantangan kemajuan zaman. Salah satu program yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2020/2021 adalah pendidikan ketarunaan. Pendidikan Ketarunaan dijalankan sebagai salah satu cara untuk membentuk karakter siswa agar mampu bersaing di era revolusi industri 4.0. Dengan adanya pendidikan ketarunaan diharapkan lulusan SMK Nasional Malang menjadi lebih disiplin, lebih cerdas, lebih kreatif, dan lebih relijius. Pentingnya pembinaan karakter melalui pendidikan ketarunaan di SMK Nasional Malang diharapkan efektif dalam membentuk pribadi peserta didik yang lebih baik dan berkarakter serta memenuhi kualitas standar dunia industri.
Penekanan terhadap pendidikan karakter sebagai landasan utama pendidikan di SMK Nasional Malang didasarkan pada berbagai kajian akademis dan best practice yang sudah dijalankan di beberapa sekolah. Pembinaan karakter di SMK Nasional Malang dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai etika dasar melalui pendidikan karakter sebagai basis bagi karakter yang baik. Indikator karakter yang baik terdiri dari pemahaman dan kepedulian pada nilai-nilai etika dasar, serta tindakan atas dasar inti nilai etika yang murni. Dengan diterapkannnya pendidikan karakter akan mendidik peserta didik dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktikkanya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dilakukan agar peserta didik dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya dimanapun berada. Pendidikan karakter yang diterapkan di SMK Nasional Malang sangat relevan diterapkan dalam lingkungan keluarga dan sekolah sebagai wadah yang berpengaruh besar terhadap pembentukan karakter siswa. Melalui pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Nasional Malang, peserta didik dapat belajar menjadi pribadi yang baik. Hal ini dikarenakan sekolah tidak hanya dituntut menjadikan siswanya menjadi anak yang memiliki segudang prestasi, melainkan juga memiliki sikap, perilaku yang baik dan menjadi kebanggaan bagi orang tua dan sekolah.
Pendidikan karakter di SMK Nasional Malang dilakukan salah satunya melalui pendidikan ketarunaan. Pendidikan ketarunaan merupakan suatu sistem pendidikan yang menerapkan prinsip militer dengan tujuan membentuk karakter peserta didik, akan tetapi penerapan prinsip bukanlah prinsip murni militer melainkan dengan adanya Latihan Dasar Karakter dan Kebangsaan. Pelaksanaan latihan dasar ketarunaan merupakan salah satu strategi dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta didik dan menanamkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air.
Tujuan Pelaksanaan Pendidikan Ketarunaan di SMK Nasional Malang adalah:
1.            pembinaan siswa taruna untuk memenuhi standar dunia industri;
2.            pembinaan fisik, mental, kedisiplinan serta tanggung jawab;
3.            pendewasaan siswa dalam berpikir, bersikap dan bertindak;
4.            menciptakan rasa cinta tanah air dan jiwa patriotism; membentuk peserta didik yang mempunyai daya saing kuat;
5.            pembentukan sumber daya manusia yang lebih baik dan berkarakter; dan memenuhi kualitas standar dunia industri.
Budaya sekolah berbasis ketarunaan merupakan salah satu cara dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di sekolah melalui kegiatan keseharian di sekolah. Dengan adanya budaya, sekolah dapat melakukan adaptasi dalam berbagai kondisi masyarakat serta mampu membentuk karakter warga sekolah terutama karakter peserta didik. Karakter ini dapat terbentuk melalui proses pelaksanaan kegiatan budaya dimanaa budaya yang baik tentu akan mampu membentuk karakter peserta didik yang baik. Dalam melaksanakan budaya sehari-hari, peserta didik akan mengalami pembentukan terhadap karakternya secara perlahan. Pembiasaan pelaksanaan kegiatan berbasis ketarunaan serta lingkungan sekolah yang kondusif, mampu membentuk pribadi peserta didik yang lebih disiplin.
Keunggulan budaya sekolah meliputi keuntungan yang diperoleh oleh sekolah, baik sebagai pihak internal seperti peserta didik, guru serta tenaga kependidikan maupun sebagai pihak eksternal sekolah seperti orang tua, masyarakat serta dunia usaha dan dunia industri (DU/DI). Bagi peserta didik, keunggulan budaya sekolah dapat meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan YME, kesadaran disiplin, tanggung jawab, percaya diri dan toleransi. Pendidikan karakter juga dapat menghasilkan jiwa kepemimpinan dan cinta tanah air. Sementara keuntungan pendidikan karakter bagi guru yaitu peserta didik menjadi lebih mudah diarahkan dalam pembelajaran, menjadi pribadi guru dan tenaga kependidikan yang menjadi lebih bertaqwa kepada Tuhan YME karena pembiasaan sehari-hari. Selain itu, peserta didik juga menjadi lebih disiplin dalam pengumpulan tugas dan data yang diminta.
Bagi orang tua, keuntungan yang didapatkan adalah perasaan bangga terhadap peningkatan karakter baik anaknya, mampu membimbing anak dalam lingkungan yang unggul. Bagi masyarakat, keuntungan yang didapatkan adalah timbulnya standart tampilan peserta didik yang seharusnya ada di lingkungan sosial. Sedangkan keuntungan yang didapatkan oleh pihak dunia usaha dunia industri (DU/DI) yaitu peserta didik dapat menjadi calon tenaga kerja yang memiliki sikap teladan bagi rekannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPDB 2021 SMK NASIONAL MALANG

PPDB 2022 SMK NASIONAL MALANG

PPDB 2020 SMK NASIONAL MALANG