PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR 2020


Setelah sukses menjalankan program pertukaran pelajar tahun 2019, maka pada tahun 2020 ini SMK Nasional Malang kembali menjalin kerjasama dengan luar negeri. Tahun ini SMK Nasional Malang meluaskan jangkauannya dalam melakukan kerjasama luar negeri, yaitu dengan Malaysia dan Thailand. Kerjasama dengan Malaysia yang semula hanya dengan Kolej Vokasional Seri Manjung, ditambah dengan Kolej Vokasional Batu Pahat dan Kolej Vokasional Ipoh. Sedangan dengan Thailand akan dijalin kerjasama dengan Betong Industrial and Community Education College.
Program pertukaran pelajar sendiri merupakan sebuah program yang memberikan peluang kepada para pelajar untuk merasakan belajar di sekolah lain– biasanya di luar negeri-, menyerap berbagai disiplin ilmu dan teknologi, serta sebagai ajang untuk pertukaran budaya.
Program ini, memungkinkan siswa untuk belajar tentang negara tuan rumah, orang-orangnya, dan budaya mereka. Melalui perjalanan ini juga, mereka dapat mengembangkan disiplin diri dan menghormati orang-orang dari berbagai latar belakang. Hal ini karena mereka tidak bepergian bersama orang tua mereka. Para siswa dengan luar biasa berkembang di lingkungan baru dan dengan cepat menyesuaikan keterampilan manajemen diri. Kedewasaan mereka berkembang dan kemampuan berpikir kritis juga meningkat. Selain itu, melalui program pertukaran pelajar, siswa juga dapat memperluas interaksi sosial mereka. Kemudian hal yang tidak kalah penting yang berkaitan dengan itu adalah meningkatnya keterampilan komunikasi mereka.
Program pertukaran pelajar juga meningkatkan skill akademik siswa. Pada saat program berlangsung, pelajar diwajibkan untuk mengikuti kegiatan yang tidak hanya berguna untuk saat ini saja, tetapi juga bermanfaat bagi masa depan mereka. Hal ini karena kemampuan pengetahuan seperti keunggulan akademik, pembentukan karakter, interkultural dan pemahaman internasional mereka bertambah sehingga bisa meningkatkan kemampuan anak didik untuk bersaing di zaman Revolusi Industri 4.0 dan menyongsong masa depan yang lebih cerah.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PPDB 2021 SMK NASIONAL MALANG

PPDB 2022 SMK NASIONAL MALANG

PPDB 2020 SMK NASIONAL MALANG